Pra Musrenbang Provinsi Kalimantan Timur

Muhammad Renaldy Kamis, 25 November 2021 80 0

Samarinda, (21/04/2021). Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyelenggarkan kegiatan Pra Musrenbang.Kegiatan ini di laksanakan secara langsung di hotel Mercure Samarinda dan secara online melalui zoom meeting.

Pra Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur Prof. Dr. Ir. H. M. Aswin, MM dan di hadiri secara langsung oleh Kepala Perangkat Dearah lingkup pemerintah Kalimantan Timur, pemerintah Kabupaten/Kota, dan jajaran Kepala bidang, Kepala Subbidang lingkungan Bappeda Provinsi Kalimantan Timur.

Tema RKPD pada tahun 2022 adalah “Reformasi structural dan Penguatan Daya Saing Daerah Dalam Rangka Menyambut IKN”

Dalam arahannya Aswin menuturkan forum ini di maksudkan untuk menyepakati permasalahn pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, arah kebijakan pembangunan kabupaten/kota, serta menyepakati Program/kegiatan hingga target dari  rancangan  Renja Perangkat Daerah.

Aswin menjelaskan dalam pelaksanaan prioritas pembangunan ini Kalimantan Timur masih menghadapi resiko dan tantangan ekonomi seperti : pemulihan aktivitas ekonomi global, perubahan harga komoditas global, keberhasilan pengendalian pandemic covid 19, pemulihan dunia usaha . serta terbatasnya ruang stimulus fiscal daerah.

“berdasarkan hasil estimasi perhitungan kami, diperkirakan kapasitas rill pendanaan Provinsi Kalimantan Timur di Tahun  2022 berkisar anatara Rp 1,97 T, minimnya ruang fiskla ini yang perlu di tindak lanjuti dengan rencana strategi belanja cerdas” ungkap aswin

Aswin juga menyampaikan beberapa strategi  pemulihan ekonomi Kaltim tahun 2022 diantaranya upaya percepatan industri hilir, akselerasi sektor pariwisata, pemulihan ekonomi melalui UMKM dan ekspansi fiscal serta menjaga stabilitas ekonomi pangan.

“dengan strategis tersebut diharapkan laju pertumbuhan ekonomi Kaltim Kembali bangkit agar upaya peningkatan daya saing daerah  dalam menyambut IKN dapat terwujud” tuturnya.

(HumasBappedaKaltim/Fat/Editor : Sukandar, S.Sos)

Tuliskan komentar anda
0 Komentar
Jadilah yang pertama untuk berkomentar